Berbagi Soal Crowdfunding #WCSBG #WCSJKT #MySpark

Selamat weekend!

Masih dalam rangka tetap konsisten ngeblog minimal seminggu satu, terinspirasi dari tulisan Abang Edwin di “Mengapa Anda Harus Tetap Menulis Blog Walaupun Yang Baca Tidak Banyak?”. Kali ini mau cerita hasil jalan-jalan sambil “ngomporin” calon Kreator yang masih belum yakin kalau crowdfunding bisa menjadi salah satu alternatif metode penggalangan dana yang efektif.


Yap, tanggal 6-7 Juni kemarin saya bersama teman-teman Wujudkan lainnya mengadakan sebuah “sekolah” untuk menyusun rencana meWujudkan ide kreasi lewatcrowdfunding bertajuk Wujudkan Crowdfunding School.

NB: Acara ini didukung oleh DBS Bank #MySpark

Acara ini dilaksanakan di dua tempat berbeda pada hari yang berurutan. Hari Sabtu 6 Juni, Wujudkan mampir ke Bandung untuk bertemu teman-teman calon kreator di ballroom 18 Hotel Ibis, Trans Studio Bandung. Dan keesokan harinya giliran teman-teman dari Jakarta yang berkesempatan menikmati sekolah ala-ala kita di Kantor DBS, DBS Tower, Jakarta.

Bandung #WCSBDG

Untuk acara di Bandung kita berkolaborasi dengan KKI sebagai penyelenggara.

Awalnya kita sempat panik karena sampai H-1 acara, pendaftar masih belum sesuai target. Waktu awal-awal acara mulai benar dong, ternyata masih sedikit yang datang (mungkin karena sabtu pagi di Bandung ya memang hawa-hawanya untuk tidur dan istirahat kali yah). Namun semakin siang ternyata teman-teman satu persatu berdatangan sampai akhirnya satu ruangan hampir terisi penuh. Banyak peserta dari anak SBM ITB, namun juga tidak sedikit yang dari umum, bahkan mahasiswa yang dari bidang lain seperti Teknik Elektro ITB, dsb.

Sesuai dengan judulnya “sekolah” acara ini memang dirancang untuk bisa dinikmati semua kalangan, lintas bidang dan generasi. Sekolah-nya pun dibagi menjadi 3 mata pelajaran utama: Crowdfunding concept in general, How to make a proper business plan (and how to inserting our crowdfunding plan into it), dan terakhir How to run successful Crowdfunding campaign. Secara urutan diisi oleh Alderina (Popon) dari Wujudkan, Mbak Desi dari UKMC FEB UI, dan saya sendiri dari Wujudkan.

Berikut beberapa dokumentasi selama acara di Bandung:


Secara umum acara ini seru banget!, namun sayang tidak semua peserta bisa bertahan sampai akhir karena mungkin ada kesibukan lain. Namun bukan berarti acaranya jadi gak seru, beberapa peserta malah jadi bisa bertanya secara mendalam kepada kita. Ada teman-teman dari Kampoong Monster dan juga dari aplikasi edukasi apa gitu saya lupa namanya yang paling antusias. Mereka sudah siap dengan beberapa ide yang mungkin akan segera diluncurkan kampanyenya di Wujudkan. Semoga bisa segera direalisasikan kampanye-nya!.


Jakarta #WCSJKT

Lain Bandung, lain juga Jakarta. Jakarta FULL! 40 orang datang! dari pagi!. Ya mungkin karena orang Jakarta sudah biasa beraktvitas di hari minggu kali yah. Dan lagi ada car-free-day jadinya jalanan agak lumayan sepi.

Tidak terlalu banyak berbeda seperti acara yang di Bandung, hanya berbeda di komposisi pembicara yaitu materi yang Crowdfunding concept in general di Jakarta dibawakan oleh admin tercinta kita: Michael.

Berikut beberapa dokumentasi acara di Jakarta:

Overall seru, seru banget, mungkin karena lebih banyak yang hadir jadi pertanyaan-pertanyaannya bisa lebih beragam kali yah. Yang saya ingat ada teman-teman dariNalacity, Ganara Art Studio, dsb yang sudah siap dengan beberapa proyek. Duh, semoga bisa segera jalan deh kampanye crowdfunding-nya di Wujudkan. Ditunggu yah!.

Yah mungkin segitu aja dulu yang bisa dibagi minggu ini..
Sampai bertemu lagi di acara-acara Wujudkan selanjutnya!

Yuk, jangan lupa mampir dan Wujudkan kreasi-kreasi di Wujudkan.com yah!


NB: Untuk teman-teman peserta #WCSBDG dan #WCSJKT kemarin, gabung di Facebook group Kreator Wujudkan yuk! kesini yah: Kreator Wujudkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *