Kumpul Mozillians Semarang (#MozKopDarSMG)

foto : saya (selengkapnya)

#MozKopDar, yang dikenal sebagai ajang kumpul seluruh Mozillians (berbagai background) kembali dilaksanakan. Jawa Tengah, lebih tepatnya Semarang kali ini menjadi tuan rumahnya.

Acara ini merupakan rutinitas Komunitas Mozilla Indonesia yang ingin berbagi update terkini terhadap proyek-proyek yang dimiliki Mozilla serta ide-ide kolaborasi bersama mozillians yang hadir. Khusus-nya kabar-kabar yang baru saja kami terima dari MozCamp Asia 2012 (untuk tulisan pribadi dari saya akan segera dipost). Ini merupakan rangkaian acara perjalanan saya bersama Finan Akbar di Semarang. Karena kami berencana melaksanakan Workshop di Udinus (Universitas Dian Nuswantoro) pada hari berikutnya (akan di post setelah postingan ini).

Bertempat di Parahita Coffee and Resto (Jalan Pandanaran 2 no.1), acara #MozKopDarSMG dimulai pada pukul 18.00 dan para tamu sebelumnya telah diinformasikan untuk melakukan RSVP pada halaman Meetup ini.

Parahita Coffee and Resto

Namun ternyata diluar dugaan yang kami perkirakan, banyak mozillians yang sudah mulai berdatangan sejak pukul 17.30. Rata-rata mozillians adalah mahasiswa/i dan mengetahui informasi mengenai #MozKopDarSMG ini lewat twitter dan ajakan teman-temannya. Mayoritas yang hadir adalah mahasiswa Udinus (Universitas Dian Nuswantoro), lebih khususnya banyak yang tergabung dalam DOSCOM (Dian Nuswantoro Open Source Community). Walaupun hanya dipublikasikan via social media channel yang kami miliki, ternyata tidak mengurangi antusiasme mozilllians yang hadir.

Antusiasme Mozillians di Semarang

Acara-pun dimulai dengan saling memperkenalkan diri antar mozillians. Dimulai dari saya, Finan Akbar dan dilanjutkan dengan teman-teman Mozillians yang hadir. Kemudian kami saling berbagi informasi dan pengalaman tentang kegiatan apa saja yang biasa Komunitas Mozilla Indonesia lakukan sambil mengajak teman-teman yang hadir untuk turut berkontribusi pada proyek-proyek yang dimiliki Mozilla. Dan obrolan pun mengalir dengan berbagai pertanyaan karena kami memang sengaja membuat acara ini menjadi sangat non-formal.

Finan Akbar sedang berbagi pengalamannya menjadi ReMo

Tidak disangka antusiasme mahasiswa di Semarang begitu luar biasa. Tercermin dari pertanyaan-pertanyaan yang teman-teman mozillians ajukan perihal proyek-proyek Mozilla. Tidak lupa sebagai rutinitas wajib sebuah event komunitas, kami akhiri rangkaian acara malam itu dengan foto bersama.Tidak terasa waktu sudah larut malam. Kami harus segera kembali ke hotel untuk beristirahat dan bersiap-siap untuk agenda berikutnya esok hari. Semoga acara seperti ini dapat terlaksana rutin dan dapat menjangkau lebih banyak kalangan dan komunitas di Semarang.

Terus update kegiatan Komunitas Mozilla Indonesia di :
[t] @id_mozilla
[w] Blog ID-Mozilla

Terimakasih Semarang!
#MozKopDarSMG

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *