Menjadi Duta/Ambassador/Representatif itu …

sumber : theelcannacua.tumblr.com sumber : theelcannacua.tumblr.com

seharusnya..

.. mengetahui dengan jelas, pasti, dan detil mengenai produk yang diusungnya. Ini WAJIB.

.. mencari, menggandeng, dan membina hubungan dekat dengan mereka (bisa perorangan atau komunitas) yang sepaham terhadap produknya. Atau bisa memberikan impact dan feedback positif terhadap perusahaan.

.. DILARANG sembarangan memberikan informasi yang berhubungan dengan produknya, jika itu dari sumber yang tidak resmi.

.. up to date terhadap informasi terbaru dari produknya. Selalu jadi yang pertama dalam menerima informasi untuk kemudian disebarkan kepada audience, maupun pihak (dalam hal ini bisa komunitas) terdekat.

.. sering narsis bersama dengan produknya, ya namanya juga “jualan”.

.. rajin dan trampil membuat schedule tweet, facebook post, dll khusus untuk “jualan”.

.. boleh mengajak, namun sebaiknya tidak memaksa atau menjebak orang lain untuk memakai, atau mencoba produknya. Berikan mereka PILIHAN.

.. siap capek dikritik, dimaki-maki, dan dinyinyir soal produknya. Disini kesabaran diuji.

.. pura pura tidak masalah dengan pergerakan kompetitor padahal dibalik itu sambil melakukan competitive analysis secara gerilya.

.. peka dan responsif terhadap respon pasar dan audience.

.. jaga mulut, jaga jempol, dalam merespon segala sesuatu tentang produknya. Ini terberat, biasanya kepancing untuk balas argumen audience dan adu argumen.

.. jaga mulut, jaga jempol, sebelum berpendapat soal produk kompetitor. Ini juga berat, biasanya kepancing untuk sekadar “membaur” dengan kawan sejawat, atau sekadar “bantu teman”.

.. paham betul kapan harus “berseragam” kapan tidak, ada kalanya tetap harus menunjukkan sisi personal diri, “telanjang” tanpa baju perusahaan dan produk.

.. loyal, ya walaupun ada mereka yang ujung-ujungnya uang juga sih, lebih gede kontrak ya pindah, ada, tapi tidak semua.

.. mampu bersikap subjektif. Atau ada juga sih yang memiliki “keterampilan” berpura objektif (bermuka dua) supaya tidak kehilangan kawan, sebaiknya sih jangan dilakukan.

.. pintar, berkelit untuk memberikan solusi terbaik dari permasalahan yang terjadi terhadap perusahaan maupun dengan produknya. Walaupun sebenarnya produknya itu memang yang bobrok.

.. menjadi PANCA INDERA PERUSAHAAN (mata, telinga, mulut, hidung, lidah).

.. JANGAN JADI BANCI! ikut sana ikut sini demi mengambil keuntungan dari masing masing perusahaan, bisa berupa imbalan barang atau lainnya. Sekali lagi itu BANCI!

Semoga beruntung dan berikan yang terbaik untuk produkmu!

sumber : http://thedailyrecord.com sumber : http://thedailyrecord.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *