MozKopDar Depok, Mei 2014 #MozKopDarDPK

Foto selengkapnya ada pada akun Flickr milik saya dan Viking Karwur

Halo Depok,
Setelah setahun lebih tidak ada satupun acara Mozilla di Depok, akhirnya tiba saatnya Mozillians dapat berkumpul kembali. Kami berkumpul dalam MozKopDar Depok, official ajang kumpulnya Mozillians Depok yang diselenggarakan pada hari Rabu (28 Juni 2014) kemarin. Sesuai dengan tujuannya yang untuk “kumpul”, MozKopDar Depok kali ini bertempat di Code Margonda, salah satu co-working space yang hitz di Depok.

Yang bertindak sebagai host MozKopDar kali ini adalah saya sendiri bersama dengan Finan Akbar, serta dibantu oleh Viking Karwur selama acara berlangsung.

Persiapan sebelum peserta datang

Persiapan sebelum acara dimulai

MozKopDar Depok kali ini memilih co-working space sebagai venue acara karena saat ini co-working space merupakan tempat yang sangat bersahabat untuk acara yang diselenggarakan oleh komunitas. Bersahabat disini dilihat dari sisi fasilitas, akses jalan, akses internet, dll. Dan saat ini Code Margonda merupakan pusat kumpulnya beberapa kegiatan komunitas yang ada di Depok. Jadi sepertinya menjadikan Code Margonda sebagai venue acara kali ini cocok sekali.

Peserta MozKopDar Depok kali ini sangat beragam. Peserta terdiri dari sebagian besar mahasiswa dan sisanya adalah karyawan dalam bidang IT. Mahasiswa yang hadir didominasi oleh Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gunadarma. Namun tidak ada halangan bagi para peserta untuk saling bembaur pada saat sebelum dan usai acara. Untuk itu materi diskusi yang diangkat merupakan materi yang sedikit berhubungan dengan mahasiswa yaitu development Firefox OS apps oleh Finan Akbar dan Firefox Student Ambassador program oleh saya. Harapannya setelah mengikuti MozKopDar Depok kali ini akan ada kontributor-kontributor baru yang mau berkontribusi untuk 2 project tersebut.

Saya membuka #MozKopDarDPK dengan penjelasan tentang Mozilla Project dan FSA program

Saya membuka #MozKopDarDPK dengan penjelasan tentang Mozilla Project dan FSA program

Finan Akbar, Mozilla Reps sedang berbicara soal Firefox OS

Finan Akbar, Mozilla Reps, sedang berbicara soal Firefox OS

Suasana diskusi pun tidak kalah menarik. Beberapa peserta mempertanyakan soal potensi Firefox OS dibandingkan dengan kompetitornya, baik dari sisi penjualan maupun sisi developer appsnya. Dan lagi-lagi muncul pertanyaan mengenai kapan masuknya device resmi Firefox OS ke Indonesia yang sampai saat ini kami (Mozilla Reps) belum mendapatkan infonya secara pasti. Semoga pada pertemuan selanjutnya, MozkopDar Depok dapat dihadiri lebih banyak mahasiswa pengembang aplikasi sehingga dapat membahas topik pengembangan aplikasi Firefox OS yang lebih intensif lagi.

Suasana diskusi pada #MozKopDarDPK(1)

Suasana diskusi pada #MozKopDarDPK(1)

Suasana diskusi pada #MozKopDarDPK(2)

Suasana diskusi pada #MozKopDarDPK(2)

Suasana diskusi pada #MozKopDarDPK(3)

Suasana diskusi pada #MozKopDarDPK(3)

Para peserta yang aktif pada #MozKopDarDPK kali ini

Para peserta yang aktif pada #MozKopDarDPK kali ini

Seperti biasa sesi MozKopDar diakhiri dengan foto-foto berbagi swag kepada peserta yang beruntung dan foto bersama dengan seluruh peserta.

Antusiasme peserta #MozKopDarDPK

Antusiasme peserta #MozKopDarDPK

Terima kasih banyak kepada seluruh peserta yang sudah bersedia untuk hadir, terutama untuk rekan Mozilla Reps yang juga ikut meramaikan seperti Rara, Dian Ina, dan Shinta. Terima kasih banyak juga untuk Finan dan Viking yang sudah membantu pelaksanaan MozKopDar Depok kali ini. Semoga kita bisa berkolaborasi lagi untuk penyelenggaraan acara keren di Depok lainnya.

Terima kasih Depok!
Sampai jumpa di acara Mozilla Indonesia berikutnya!

bersama (ki-ka) Viking Karwur dan Finan Akbar yang membantu pelaksanaan #MozKopDarDPK kali ini

bersama (ki-ka) Viking Karwur dan Finan Akbar yang membantu pelaksanaan #MozKopDarDPK kali ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *