Tabir

Menyembunyikan sesuatu itu membutuhkan effort lebih banyak daripada terbuka. 1 komponen otak berusaha menampung konteks. 1 komponen otak akan bekerja menampung alasan. 1 komponen otak akan bersiaga apabila dibutuhkan. Dan komponen otak lainnya akan berusaha membuat rencana cadangan apabila komponen otak yang tadi kehabisan tenaga.

Energi yang kita butuhkan juga lebih banyak. Nutrisi otak yang harus kita penuhi juga jadi lebih banyak.

Kenapa tidak jujur saja?

Komponen otak kita segalanya bisa kita istirahatkan. Tak perlu buang energi. Tak perlu tambah tenaga. Namun beberapa memilih untuk tidak bicara karena takut. Takut apa? takut banyak, takut konflik, takut bicara, takut debat, bahkan banyak takut yang sebenarnya hanya sebuah asumsi pribadi belaka.

Saya pribadi termasuk yang tidak setuju dengan pernyataan berbohong untuk kebaikan. Tidak ada istilah berbohong untuk kebaikan. Bohong tetaplah bohong. Tidak ada toleransi. Berbohong itu salah. Bayangkan betapa kecewanya orang yang menjadi lawan bohong kita apabila dia mengetahui apa yang terjadi sebenarnya.. setelah dia merasa aman dan nyaman atas kebohongan kita..

Kepercayaan.
Sebuah konsekuensi langsung bak sebuah segel garansi sebuah produk. Sekali itu hilang, mau berapapun kita bisa keluarkan uang, tetap saja yang namanya garansi produk itu tidak akan pernah kembali. Jadi apa yang kita lakukan terhadap produk tersebut? jaga! jangan sampai garansinya hilang. Produk itu ibarat badan, tindakan, perkataan, atau apapun segala yang bisa dihasilkan oleh tubuh kita. Garansi == kepercayaan.

Takut berkata jujur berarti belum pantas mendapat kepercayaan.

Tapi ada beberapa orang yang dengan mudahnya memberikan kepercayaan. Itu bisa terjadi dengan berbagai faktor. Tentunya bukan karena keajaiban. Tentu ada history atau cerita dibalik kepercayaan tersebut. Itu nilainya jauh daripada garansi produk. Itu ibarat sudah diberi garansi produk, bisa kenal baik dengan yang punya toko. Apabila dikecewakan? ibarat mengecewakan si empunya toko. Walaupun, nih ya walaupun nih masih ada garansi-nya, boro-boro bisa urus garansinya, jangan harap diizinkan masuk ke dalam toko.

Masuk analoginya?

Jujur tetap yang utama,
InsyaAllah semua kegiatan kita nanti akan dilancarkan, pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *