WordPress 10th Anniversary Worldwide Meetup Day #WP10

foto dan video oleh : AtAmerica

WordPress 10th Anniversary Worldwide Meetup Day

WordPress 10th Anniversary Worldwide Meetup Day, merupakan acara yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia oleh komunitas WordPress pada tanggal 27 Mei 2013 dalam rangka memperingati hari ulang tahun WordPress ke-10. Kebetulan saya diberikan kesempatan menggantikan Viking Karwur diajak mas Valent Mustamin (WordPress Evangelist) untuk mengisi sesi sharing pada acara yang diselenggarakan di AtAmerica tersebut sebagai perwakilan Komunitas Mozilla Indonesia.

Sesi sharing tersebut juga dihadiri oleh Abang Edwin (Blogger, Community and Social Media expert), Mas Kaspito (Enterpreneur, ColorLabs), dan Pak Danu Widhyatmoko (Akademisi, Bina Nusantara) serta dimoderatori langsung oleh Mas Valent. Kami sengaja diundang untuk bercerita dari berbagai sudut pandang yang lekat dengan kehidupan masing-masing yang berhubungan dengan WordPress itu sendiri. Venue pun dipenuhi kurang lebih 100 WordPress enthusiast yang siap berdiskusi dan berbagi pengalamannya selama menggunakan CMS yang mereka cintai tersebut.

Abang Edwin bercerita dari sisi komunitas blogger dan bagaimana andil WordPress terhadap perkembangan trend blog itu sendiri. Salah satu hal yang patut digarisbawahi dari cerita abang adalah bagaimana WordPress telah mengubah trend blog menjadi sesuatu hal yang memiliki konten yang lebih kaya, misal e-commerce, webmagazine, dll. Seperti kita tahu bersama, sejak pertama kali diciptakan, CMS ini memang memberikan kemudahan untuk digunakan oleh berbagai kalangan. Coder, designer, dll, bahkan orang yang tidak pernah mengerti sama sekali pun bisa dengan mudah menggukanannya.

Mas Kaspito bercerita dari sudut pandang peluang bisnis apa saja yang hadir dan berkembang seiring berkembangnya WordPress. Bagaimana ColorLabs, perusahaan beliau bisa menangkap peluang bisnis dari adanya CMS ini seperti themes, dll. Bahkan sekarang sedang merambah pada bisnis penjualan plugin, ungkap Mas Valent. Mas Kaspito juga tidak ragu untuk berbagi tips dan trik kepada audience yang hendak/sedang merintis bisnis pada bidang tersebut.

Pak Danu pun tidak kalah semangat dengan cerita bagaimana usaha beliau meyakinkan Universitas Bina Nusantara “pindah” platform yang tadinya ASP menjadi WordPress. Beliau juga bercerita bagaimana beratnya melakukan sosialisasi sekaligus edukasi terhadap fungsi dan kemampuan dari WordPress itu sendiri kepada rekan-rekannya.

Saya? Alhamdulillah mendapat kesempatan untuk bercerita benang merah antara WordPress dan Mozilla. Pada dasarnya Mozilla dan WordPress memiliki prinsip yang hampir sama, teknologi terbuka dan dikembangkan oleh komunitas. Oleh karena itu di belahan dunia sana banyak kegiatan dari WordPress yang juga didukung oleh Mozilla. Dari visi pembuatan produk, Mozilla mengedepankan prinsip “teknologi itu milik semua kalangan, semua kalangan harus bisa menikmati” pun diterapkan dalam pengembangan produk dari WordPress. Terlihat dari outputnya saat ini, sudah berapa banyak orang yang tertolong bisa menikmati dunia internet lewat teknologi CMS yang dikembangkan WordPress. Kita juga seharusnya bersyukur sudah berapa banyak komunitas (termasuk Mozilla) yang aktifitas komunitasnya dapat berjalan lancar berkat kemudahan knowledge sharing menggunakan CMS WordPress. Dan yang paling up to date, WordPress termasuk salah satu perusahaan yang sejak awal mendukung pengembangan Firefox OS.

Semoga semangat “open” dan “community driven” tersebut bisa tetap terus terjaga..

Secara mengejutkan ternyata foto-foto pelaksanaan WordPress 10th Anniversary Worldwide Meetup Day di Jakarta difeatured dalam video pada artikel Mashable :
Selection_002
Artikel diatas selengkapnya dapat dibaca disini.

Untuk menyaksikan rekaman video selama acara WordPress 10th Anniversary Worldwide Meetup Day Jakarta lalu berlangsung :

Watch live streaming video from at_america at livestream.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *